JAKARTA, Pasar sepeda motor Suzuki di Indonesia September lalu terjual 43.643 unit, turun 8,3 persen dibandingkan Agustus yang meraih 47.618 unit. Menurut PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku pemegang merek Suzuki di Tanah Air, penurunan terjadi karena jumlah hari kerja yang minim. Jawaban yang klise, sementara penjualan produk kompetitor justru mengalami kenaikan.
Anjlok terbesar dialami Suzuki di kelas sport sampai 29,8 persen atau terlego 1.190 unit. Trus, dari data penjualan September yang diterima Kompas.com, Thunder facelift juga belum bisa mendongkrak penjualan secara signifikan. Begitu juga di segmen skutik yang mengandalkan Skydrive, Hayate dan Spin terjual total 10.680 unit, turun 9,7 persen. Sedangkan pasar bebek (underbone) juga tergerus 7,2 persen menjadi 31.573 unit dari sebelumnya 34.006 unit.
Secara kumulatif, Januari-September 2011, Suzuki telah memasarkan total 397.648 unit, naik 1,1 persen dari periode yang sama tahun lalu. "Target kami maunya mencapai 550.000 unit sampai akhir tahun," ujar Paulus Sugih Firmanto, Direktur Pemasaran dan Penjualan 2W SIS kepada Kompas.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar